Internet dan Teman-temanku Dulu

Internet sudah benar-benar menjadi bagian penting dalam hidup manusia zaman sekarang ini. Hampir semua hal bisa kita dapatkan dengan mengakses internet. Belajar, mencari informasi segala macam, belanja, jualan, cari jodoh, sekolah, bahkan penipuan sudah menjadi hal yang kita temui sehari-hari di internet. Zaman sudah berubah, selamat tinggal zaman susahnya mencari dan mendapatkan informasi secara cepat. Meski banyak juga efek sampingnya, kita harus akui bahwa Internet jga punya banyak sekali manfaat untuk kita.

Jadi ingat dulu sekitar tahun 2006 sampe 2010. Waktu itu saya udah addict banget sama internet, dulu website yang rutin saya buka dan baca tiap hari adalah websitenya mas dudung www.dudung.net ada forumnya juga. Artikel yang bagus saya print dan sy jilid lalu banyak temen yang pinjem, lalu temen minjemin ke temennya lalu hilang. Bukan itu masalahnya. Dulu, temen-teman kampus dan beberapa temen organisasi terutama organisasi dkwah yang saya ikuti sempat agak-agak sinis sama saya karena saya addict internet. Pikir mereka Internet bangak maksiatnya. Sampe ada senior saya yang nanya langsung dengan polosnya, antum kalau ngenet aman gak? (Dari porno-porno) saya ga berani dekat dengan internet katanya konten-konten porno sering muncul sendiri (emang sih waktu itu belum begitu gencar pemerintah memerangi website porno). Mendengar pertanyaan itu rasanya mau ketawa tapi saya senyum aja sambil bilang "kita akan menemukan apa yang kita cari, akhi..."
Read More

Tipe Guru yang Tak Terlupakan oleh Muridnya

HUBUNGAN guru dan siswa ternyata hubungan yang indah untuk dikenang. Nggak kalah indah dengan mantan pacar. Kadang berlangsung rumit, kadang terasa romantis, tapi sesekali menegangkan dan terasa penuh konflik.

Bagi saya, hubungan guru bukan hubungan transkaisonal di kelas semata. Hubungan dengan guru juga hubungan kultural dua manusia beda usia. Oleh karena itu, ketika siswa dan guru harus berpisah, kenangan dengan guru akan melekat erat. Tidak jarang, seorang siswa mengingat gurunya hingga ia tua. Ibu saya sendiri masih ingat guru-guru plus karakter gurunya seperti apa, bukan cuma ibu saya, kakek sayapun masih ingat siapa guru-gurunya, seperti apa kelakuan gurunya yang tak terlupakan dan diingat hingga beliau sudah punya cucu yang udah punya anak dua.  Tapi, memang harus diakui, tidak semua sosok guru mudah dikenang. Biasanya hanya guru-guru dengan karakter khusus yang diingat siswanya hingga tua. Guru yang berbeda dan punya "sesuatu" yang bisa membuat siswa nyaman, tertawa, bahkan takut. Hal-hal yang cenderung hanya guru tersebut yang memiliki karakter tersebut di sebuah sekolah seperti di atas yang membuat sang guru tak akan terlupakan. Bahkan saya dulu sering sekali mimpi buruk di suruh jawab soal kimia oleh ibu Dian guru SMA saya yang cantik tapi jutek luar biasa hehehe semoga sih sekarang udah gak. Ini hanya semacam kesan dari seorang murid ya bu Dian.

Nah, Berikut beberapa di antaranya guru-guru yang tak akan terlupakan oleh murid-muridnya :
Read More

Kelas Inspirasi Lombok : Satu Hari Untuk Selamanya

Adalah suatu hari ketika seorang sahabat saya Surya dan Istrinya Fira yang begitu baik mengajak saya untuk menjadi panitia Kelas Inspirasi di Lombok. Ide ini muncul bukan seketika, tapi ada sejak mereka berdua ikut Kelas Inspirasi di Bali. Penuh antusias mereka bercerita tentang betapa hebatnya relawan-relawan di Kintamani, ramahnya penduduk disana dan betapa bahagianya siswa-siswa yang kedatangan relawan pengajar. Mungkin moment itu akan salah menjadi kejutan terindah di masa kanak-kanak mereka. Pengalaman dan cerita dua sejoli ini kemudian menjadi sebuah awal dari Kelas Inspirasi Lombok dan bertambahnya kepekaan hati saya melihat ternyata masih banyak anak-anak disekitar kita yang bahkan untuk bercita-cita saja mereka masih tidak berani, malu-malu dan tidak tahu cita-cita itu apa.

Akhirnya kami dan beberapa teman lainnya mulai merencanakan kegiatan kelas inpsirasi di Lombok. Saya semakin percaya bahwa Allah itu selalu mempertemukan kita dengan orang-orang yang sesuai dengan karakter, kepribadian dan visi misi hidup kita. Buktinya kami yang tadinya tidak saling mengenal menjadi akrab dan berbagi semangat di kelas inspirasi. Karena misi kami sama, kami ingin berbagi dengan anak-anak yang berada jauh terpencil di atas-atas bukit sana, di lembah-lembah sana. Berbagi semangat dan kamipun mendapatkan semangat baru dan pandangan tentang arti hidup yang semakin saya mengerti.
Read More